whatisaids-pic3 Jakarta – Berdasarkan data statistik laporan kasus AIDS di Indonesia sampai Juni 2008, secara kumulatif remaja usia 15-29 tahun berkontribusi 57% dari total kasus penyakit mematikan itu.

Hal itu dikemukakan Menko Kesra Aburizal Bakrie selaku Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional menyambut Hari AIDS Sedunia (HAS) 2008 yang jatuh pada 1 Desember.

Tahun ini HAS bertema ‘Yang Muda Yang Membuat Perubahan’ termuat dalam Buku Panduan Pelaksanaan Peringatan HAS 2008

Menurut Menko Kesra, dari pria yang berhubungan dengan penjaja seks, 50 persen berusia kurang dari 30 tahun dan belum menikah. Perkembangan lainnya yang merisaukan adalah meningkatnya prevalensi HIV dari waktu ke waktu.

Untuk mengatasi perkembangan epidemi yang semakin memperihatinkan ini, menjadi sangat penting bagi semua jajaran perintah di pusat maupun di daerah untuk mendorong kepemimpinan pemuda khususnya dalm upaya pencegahan penularan HIV.

“Pemuda harus mengambil tanggung jawab dan menjadi solusi ats masalah yang menimpa generasinya. Pemerintah bersama-sama dengan kalangan pemuda harus mengupayakan integrasi orang dengan HIV AIDS ODHA), yang mayoritas usia muda untuk diterima oleh masyarakat dan menapatkan layanan-layanan sosial dan medis yang memadai,” papar Aburizal Bakrie.

Ketua KPA Nasional mengimbau agar setiap kegiatan yang dilaksanakan di seluruh Indonesia ataupun masyarakat di luar negeri dapat terkoordinir dengan baik, mempunyai gaung yang luas dan daya ungkit tinggi dalam rangka penanggulangan dan pencegahan HIV dan AIDS di Indonesia.

Sedangkan, Meneg Pemuda dan Olah Raga Adhyaksa Dault selaku Ketua Panitia Nasional Peringatan HAS 2008 mengemukakan HIV dan AIDS merupakan virus terganas, muda menular, pelat tetapi pasti mematikan dan sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup manusia.

“Sampai kini belum diketemukan obatnya, sehingga semua negara di dunia sepakat untuk memerangi, menanggulangi dan mencegah penyebaran penyakit tersebut,” demikian Adhyaksa.

Kesepakatan internasional tersebut dituangkan dalam Millenium Development Goal’s (MDG’s), tepatnya pada sasaran ketujuh, yakni mengendalikan penyebaran HIV dan AIDS dan mulai menurunnya jumlah kasus baru pada tahun 2015.(izn)